pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Thursday, January 19, 2006

Cake Tape



Setelah gagal bikin cake tape pake resep Mbak Fatmah (bukan krn resepnya yg
salah tp timingnya nggak pas banget buat bikin cake),
berhubung masih ada tape singkong, kemarin sore pulang kantor aku cobain lagi
dengan kreasi sendiri (pedhe amat yak??), ukurannya aku kira2 & bahan2nya aku
tambahin sesuka hati hihihi.....ternyata hasilnya...taraaa...uenaks & nyus &
membelai lidah.


Berikut bahan2:
3 butir telor sedang
100 gr gula pasir
1 sdm ovalet
200gr tape singkong yg bagus, hancurkan pake garpu
150 gr mentega, lelehkan & dinginkan di suhu ruang
100gr tepung terigu
1 sdm tepung maizena
2 sdm susu bubuk
50 cc susu cair
3 sdm kenari sangrai, cincang untuk taburan

Caranya:
*tepung terigu & maizena dicampur
*panaskan otang
*oles loyang bundar diameter 20cm dengan mentega & taburin sedikit terigu rata
*kocok gula, telor & ovalet sampai mengembang, pake kecepatan sedang (no 2
philips)
selanjutnya pake kecepatan rendah (no 1 philips)
*sambil terus diaduk masukan tape singkong yg telah di hancurkan, dikit2 yaa...
*tambahkan mentega cair
*masukkan susu bubuk, aduk terus
*masukkan tepung terigu yg telah dicampur maizena, dikit2 sambil terus diaduk
*terakhir masukkan susu cair, aduk rata.
*tuang adonan ke dalam loyang, taburi kenari, panggang dengan otang 150der,
kurleb 35 menit.
aku deg2an nunggunya, setelah 20menit aku intip pake senter, eh ternyata
ngembang sempurna, permukaan cake rata...25 menit aku cek pake lidi,
blum kalis, setelah 35 menit aku cek lagi dah mateng. Keluarkan & dinginkan. Pas
motong berasa lembut banget, dan waktu nggigit...nyaammmmm...
mak nyus kata orang jawa ..ini ada photonya, tp maaf ya kurang jelas, maklum
amatiran pake hp pula.
Sebenernya penambahan susu cair itu nggak ada di plan, pas udah terakhir aku
liat kok adonannya agak kental, trus aku tambahin aja susu cair 50cc.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home