pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Thursday, January 12, 2006

Bola2 hitam manis





Ceritanya, hari Selasa libur Idul Adha, nyobain bikin Cinnamon Roll, tapi ternyata gatot alias gagal total, malah jadi cake nggak jelas gitu, enak sih, wangi cinnamonnya....hmmm...menggugah selera, tp yg mau makan gw doang hahhahaks..... Knapa ya, tiap bikin yg pake cara 'ulenin' seringnya gw gatot. Tp kalo gw review ulang sepertinya kebanyakan susu & kuning telor. Eniwei, next time gw mo coba modifikasi resepnya deh. Trus malemnya gw cobain bikin express brownies-nya Mbak Vania, pas keluar dari oven...tara....atasnya bergelombang, kayak permukaan bulan (emang pernah ke bulan? hehhe), dalamnya bantattttt......wuih, critanya mau bawa ke kantor pagi2 nggak jadi deh. Trus inget, Balls of Joy-nya Mbak Riana, yg bahan dasarnya left over cake....waaa...gw bikin aja nih cake2 gagal. Naaahhh baru semalem bisa ngerjain, abis ngelonin Ajeng sampe bobo, mulai deh berkarya di dapur.

Berikut bahan yang aku modifikasi sendiri:
Cake gagal or leftover cake- hancurin pake garpu (nyoba diblender nggak bisa)
4sdm Susu bubuk dancow, cairkan dengan 100cc air matang.
60gr DCC*
2sdm rum (non-halal), boleh nggak pake
40gr WCC* buat olesan.

Caranya:
Potong2 DCC, campurkan dengan susu, lelehkan diatas api kecil, aduk rata.
Tuang campuran DCC tsb ke dalam cake yg udah diancurin dikit2, sambil diaduk2 pake garpu, terus lakukan sampai ketemu adonan yang moist & gampang dibentuk. Tambahkan rum, aduk rata. Dengan memakai tangan, bentuk adonan tsb menjadi bola2 ukuran diameter 2cm ato sesuai selera.
Karena bikin bola2nya pake tangan, setelah selesai dibentuk, aku panggang sekitar 5 menit pake suhu 150der, supaya kuman2 mati...;-)), jangan lupa olesin loyangnya dg mentega dan taburin tepung tipis rata.
Lelehkan WCC dg cara di tim. Keluarkan bola2 dari oven, semprot WCC dg menggunakan spuit. Jadinya cantik & wangi rum-nya menggugah selera, uenaks...!! Maap yach, photonya nggak jelas, amatir pake HP sih ;-))

*DCC = Dark Cooking Chocolate
*WCC = White Cooking Chocolate


0 Comments:

Post a Comment

<< Home