pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Wednesday, January 04, 2006

Baso gitu loooohhh

Gara2 marak bakso borax & bakso tikus, gw browsing resep baso nih kemarin sore nunggu jemputan, pulangnya gw mampir belanja bahan di supermarket, nyampe rumah praktik, di temenin ajeng main adonan tepung.
Bikinnya gampang banget kok, cepet nggak ada sejam dan yg jelas pure daging sapi lah yaw hehhee . Resep ini aku dapet dari blog salah satu anggota NCC

Berikut bahannya:

500gr Daging giling (pilih yang tanpa lemak yach, ato kalo mo hemat bisa beli daging has dalam, cincang sendiri pake blender)
250cc air es
1.5sdt lada bubuk
1 sdt royco sapi (kalo suka)
2sdt garam
4 siung bawang putih (yg ini versi gw), haluskan
100gr tepung tapioka

Caranya:

Campur semua bumbu ke dalam air es. Blender daging cincang, sambil masukkan campuran air es & bumbu dikit2, aduk terus sampe air habis. Setelah itu masukkan tepung tapioka dikit2, aduk sampe rata. Sisihkan.
Rebus air sampai mendidih. Cetak baso pake kepalan tangan, ambil sebagian adonan daging pake tangan kiri, remas (spt meres kelapa gitu loh), entar di bagian atas kan muncul buletan daging, ambil pake sendok yg sudah dibasahin air, cemplungin ke air yg udah mendidih, lakukan terus sampe adonan habis. Kalo bakso sudah nongol dipermukaan berarti udah mateng dan bisa diangkat. Bisa jadi 80-90 buah baso, tergantung besarnya buletan, supaya bisa tahan, setelah dingin gw bungkusin pake kantong plastik per 10 buah, trus masuk freezer, kalo perlu tinggal ambil tergantung kebutuhan.

Kuahnya:

Kaldu rebusan baso tadi jangan dibuang yach, kalo blum mau masak saat itu jg, dinginkan, bungkus masukkin freezer.
Bumbu kuahnya:
1.5sdt lada bubuk
5 siung bawang putih di tumis
2-3 batang daun sledri
2-3 batang daun bawang
1 buah wortel (kalo suka)
Tambahan: sawi baso ....lebih enak lagi kalo kaldu tadi ditambahin tulang2 sapi hehehhehe....
hmm..nyam...nyam...baso sehat, tanpa bahan pengawet.
Oh ya, jangan dibayangkan baso ini kenyal kayak yg abang2 jual (lha iyalah mereka kan pake pengenyal or borax), tp dijamin nggak hancur kok, cuman lunak aja, rasanya? hmmm...uenakkks.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home