pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Sunday, January 29, 2006

Bolu kukus ketan hitam

Bolu kukus hitam, sangat fenomenal di NCC, resep aslinya dari Mbak Angky. Rasanya uenyak, khas Indonesia, pake saus santan gurih....nyamm...nyammm....

Bahan:
350gr tepung ketan hitam (warna tepungnya kayak abu gosok..;-))
250gr gula pasir (aslinya 300gr)
4 butir telor (aslinya 5 butir)
1 sdm ovalet/tbm
125ml mentega cair (aslinya 150 cc minyak sayur)
200ml santan kental (pake kara kemasan 200ml)

Caranya:
Panaskan tempat ngukus (pake dandang biasa)
Olesin loyang dengan minyak sayur rata
Kocok bareng: gula, telor & ovalet sampe kental & pucat
Masukkan mentega cair, kocok rata.
Secara bertahap masukkan tepung ketan hitam, kocok rata
Terakhir masukkan santan kental, aduk sampai betul2 rata.
Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama kurang lebih 35-40 menit

Kuah santan:
400ml santan sedang (aku nggak suka kental)
1 sdt garam
2 sdm tepung maizena

Masak santan & garam sambil diaduk2 sampai mendidih, campur maizena dengan 4 sdm santan, tuangkan campuran ke dalam santan yg di masak, aduk2 sampai mendidih.
Aslinya sih kuah santannya manis, tp aku nggak suka manis, jadi aku ganti pake garam aja, rasanya gurih.

Tips:
Manasin dandangnya pake api besar, tp waktu ngukus apinya sedeng aja.
Tutup dandang dibungkus kain double biar air uap tdk menetes ke kue (bikin bantat & bopeng)
Waktu masak santan kuah, diaduk terus biar santan nggak pecah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home