pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Monday, May 01, 2006

Ajeng's birthday cake

Pas ulang tahun Ajeng ke 2 tgl 1 Mei kemarin, spt biasa aku sengaja cuti dong. Tapi hari ini aku special bikin birthday cake sendiri, kan dah belajar banyak dari NCC (thanks NCC !!!), semangatnya itu looh !!! Thanks juga untuk Mbak Vania yang udah sharing resep di blog-nya (aku banyak blajar bikin kue2 di sini looh...). Terimakasih jg untuk Mbak Vita, tempat pesen edible imagenya Dora the Explorer.


OK, start dengan Devil Food Cake-nya. Aku bikin cake ini 3 loyang boo, jadi ngebakingnya 3x, berhubung mixerku jg kecil + ovennya jg kecil & loyangnya jg kecil hehehhehe, yg penting kan semangat ya kan? Percaya deh, ini devil food cake paling mudah bikinnya. Aku dah cobain beberapa resep, yang lain gagal, yang ini langsung jadi tuh. Supaya hasil lebih moist harusnya sebelum siram ganache, siram dulu dg simpel sirup. Tp begini aja jg udah enakk...

Bahan:
1 cup unsalted butter (di SPM biasanya dah blok2an tuh, pas se-cup)
1 3/4 cup gula pasir (aku blender dulu neh)
3/4 sdm vanila bubuk
1/2 sdt garam
2/3 sdt baking soda
2 cup tepung terigu
3/4 cup bubuk coklat
1/4 cup air masak
2/3 cup susu cair
3 butir telor sedang

Caranya:
~Panaskan oven, oles loyang dg mentega & kertas roti
~Campur jadi satu: tepung terigu, baking soda & garam, aduk rata sisihkan
~Campur jadi satu: bubuk coklat, air, & susu cair sisihkan
~Kocok butter sampai lembut, masukkan gula, kocok rata sampai lembut, masukkan telor, satu persatu, kocok rata.
~Terakhir, masukkan campuran tepung bergantian dengan campuran coklat, di awali & di akhiri dg tepung terigu.
~Tuang ke dalam loyang, ratanya dg spatula, panggang kurang lebih 45 menit, test kematengan dengan tusuk lidi, kalo lidi keluar bersih berarti dah mateng.

Untuk buttercreamnya:
1 cup unsalted butter, kocok sampai soft, tambahkan 2 cup tepung gula, kocok sampai soft, tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

Coklat ganache antar lapisan cake:
250gr Dark Cooking Chocolate, 125gr unsalted butter, 150gr whipped cream, team sampai meleleh. Oleskan di tiap lapisan.


Kemarin berhubung edible imagenya panjangnya 24 cm, sementara loyangku paling besar 22cm, akhirnya aku bikin 3 loyang. 1 cake oles bagian atasnya dg ganache coklat, tumpuk cake berikutnya. Satu cake lagi, aku potong jadi 2, oles ganache di salah satu sisinya, tumpuk, kemudian sambungkan ke cake sebelumnya pake ganache coklat.
Oles bagian atas dengan buttercream, tempel edible image, trus hias pake butter cream seluruhnya.

Kata temen2ku yg pada makan sih enyaaak, nggak percaya gitu kalo aku yg bikin, photonya emang bagus sih, tp sebenernya rada2 belepotan, soalnya the first time ngehias pake buttercream, belum pernah kursus pulak......


4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Mbak, mau tanya boleh ya.
Resep cakenya itu cukup untuk loyang 22x22 ya? soalnya pake telurnya cuma 3, terus hasil kuenya lembut ga mbak?
Makasi ya Mbak

10:49 PM  
Blogger an said...

Iya, kuenya very moist, mungkin pengaruh susu & butter yg di pakai, lembut kok & enak.

5:14 PM  
Anonymous Anonymous said...

Mba, bener kata mba, cakeya moist banget, aku udah coba smalem. tapi aku buat untuk black forest gayaku sendiri. Cuma menurut aku, kalo ikutin takaran coklat bubuk yg diresep, rasa cakenya jadi agak kepahitan, jadinya takaran coklatnya aku kurangi, juga gulanya, aku memang kurang suka cake yg manis. Tapi resepnya emang OK nih Mba...makasi ya.

1:35 AM  
Anonymous Anonymous said...

mba an, mau tanya juga, sori kalo pertanyaannya anak tk banget.:)
1. butternya apa bisa diganti blue band ?
2. setelah masukkan campuran tepung dan coklat bergantian, apa perlu diaduk rata ?
3. kue nya setelah jadi tinggi berapa ya ? tks sebelumnya. visca

11:36 PM  

Post a Comment

<< Home