pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Sunday, April 16, 2006

Ginger bread

Bau harum kayu manisnya waktu nge-baking kue ini, hmmmm......sedep banget. Teknik bikinnya spt banana bread, rasanya: uenyakkk...aku sih suka hehhe. Kesalahanku, awal ngebaking apinya rada kegedean, trus kayaknya jg kurang lama, krn ternyata tengahnya masih rada2 basah, sementar pinggirnya dah mulai retak, soalnya ngembangnya: bagus banget, ssiiiipp. Lagi2 sumber resepku, blognya Mbak Vania....thank you ya mbakkk...

Bahan:
1.5 cup tepung terigu
4 butir telor
1 cup unsalted butter (krn di rumah cuman ada 1/2 cup unsalted butter aku tambahin dg 1/2 cup mentega)
1 sdt jahe bubuk
3/4 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt cengkeh bubuk
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
1 sdt garam (nggak pake)
1/2 cup gula pasir (nggak punya granulated sugar)
1/2 cup gula palem

Caranya:
Panaskan oven 180*C, oles loyang loaf dg mentega + alas kertas roti.
Campur jadi satu gula, blender, sisihkan
Campur tepung, jahe, kayu manis, pala & cengkeh, baking soda, baking powder jadi satu.
Kocok butter + gula sampe lembut, masukkan telor satu persatu. Kocok rata tiap penambahan. Aduk rata
Masukkan campuran tepung dikit2.
Tuang adonan ke loyang, panggang kurang lebih 45 menit.

Oh ya, kayaknya enak kalo atasnya ditaburin kacang cincang, jadi inget kue waktu aku kecil, setiap nenek datang dari jauh dah lari2, minta oleh2, dah pasti kue ini bertabur kacang....;-)) Aku sih lebih suka bilang ini Cinnamon Bread...;-))

0 Comments:

Post a Comment

<< Home