pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Sunday, October 08, 2006

Soto
















Sabtu pagi, males ke tukang sayur, buka freezer, ada ayam potong 1 toples ~ kira2 seekor ayam. Cek bumbu2, hmmm....masak soto aja deh, ada resep yg ditinggalin ibu. Langsung minta asisten belanja ke tukang sayur bahan2 n bumbu yang kurang. Mulai deh siap2, ngrebus itu ayam, bikin kaldu. Berikut bahan2 n bumbu Soto ala gw heheehe...:

BAHAN
1 ekor ayam potong (lbh mantep kalo ayam kampung) ~ rebus dengan 1,5lt - 2lt air ~ sisihkan.
ayam hasil rebusan, goreng 1/2 mateng trus disuwir2
500gr toge, siangi - rendam air panas 10 menit, tiriskan
3 tangkai daun seledri - iris kecil2
1 bungkus soun - rendam air panas 10menit , tiriskan
1 buat tomat besar
jeruk lemon untuk perasan secukupnya

BUMBU:
5 butir bawang putih keprek
1 ruas kunyit, iris tipis2
1 ruas jahe, iris tipis2
2batang sereh
2lb daun salam
1cm lengkuas, keprek
6lb daun jeruk wangi
1/2 sdt merica butir, uleg halus.
Garam secukupnya
1/2 sdt Royco ayam kalo suka
1/2 sdt gula pasir

Caranya:
Tumis kunyit + jahe digoreng ~ sisihkan
Tumis bawang putih sampe harum, masukan kunyit, jahe, lengkuas, salam, sereh, daun jeruk, tumis sampe matang/ harum. Masukkan ke dalam kaldu yang mendidih, tambahkan merica, garam, gula pasir, royco. Biarkan mendidih, dan bau harum. Cicipin yaa.....;-)

Penyajian:
Nasi + Soun + Toge + tomat iris + ayam suwir + daun seledri + kuah soto, taburin bawang putih goreng + kucurin jeruk lemon tambah sambel....hmmmm....sueger, pedes, uenyaaakkk..!!

Lauknya saya paling suka tempe goreng biasa (tanpa tepung) ato perkedel kentang. Untuk sambel saya lebih suka sambel lombok godog: cabe direbus trus diuleng, tanpa tambahan apa2, supaya nggak ngrubah rasa soto, lebih ok lagi kalo ada karak (krupuk nasi), sayang di sini nggak ada...:-(. Kata ayah saya ini Soto Semarang, soalnya pake soun, kalo soto salatiga, ilangin: soun & tomat, air jeruk lemon diganti acar ketimun. Tapi kan ai males dot com bikin acar hehehehe....

Anak saya doyan, lahap makannya, apalagi pake foot (istilah dia untuk ceker), tentunya nggak pake sambel hehhehe....

Selamat mencoba.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home