pawonku

Resep2 yang saya kumpulkan & tulis di sini, adalah yang sudah aku praktekkan, biar saya jg nggak kehilangan resep ....;-)

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Monday, July 17, 2006

Cumi ungkep bumbu kecap

Beli buku Menu Sehat, topiknya Seafood, ada resep ungkep cumi bumbu kecap (lupa judul tepatnya). Semalem buka2 freezer, eh ada cumi tinggal 5 ekor + bbrp kepala (kenapa kepalanya sisa? hehhehe sumber tinta, suamiku suka cumi di masak setinta2nya, pake bumbu dari ibunya, kapan2 saya posting resepnya). Ini bumbu cumi ungkep kecapnya, standard kok, bahannya pasti ada di rumah, bikinnya jg nggak susah:

8 ekor cumi (aku cuman ada 5)
2 lb daun salam
1/2 cm lengkuas di keprek
1 sdt air asam jawa (nggak ada, terpaksa pake royco asam)*
3 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis


bumbu halus:
5 siung bawang merah
5 butir bawang putih

1cm kunyit (nggak ada aku ganti jahe)
2 bh cabe merah

Caranya:
Tumis bumbu halus + lengkuas + daun salam sampai harum, masukkan cumi + air asam + kecap manis, aduk rata. Tidak usah tambah air, nanti keluar airnya sendiri. Ungkep sampai empuk.*

*Tips: kalo masak cumi jangan kecepetan, jangan terlalu lama. Kecepetan bikin nggak matang, kelamaan bikin cuminya alot, nggak enak di makan. Bingung nggak? hehhehe

Sorry, no pic for this recipe.

1 Comments:

Anonymous Bagong said...

Found! makasih, baru beli cumi, gak bisa masak, ini ketemu resep'e. Tapi gak seru gak ada potona.

11:29 AM  

Post a Comment

<< Home